Jenis-Jenis Model E-commerce dan Contohnya!

 Contoh Jenis-Jenis Model Bisnis E-Commerce

A. Secara Umum:

  1. Online Direct Marketing
            Vendor atau pengecer menjual produk atau jasanya secara langsung ke pelanggan.

            Contoh e-commerce:

  • OLX




            Link web: https://www.olx.co.id/

        Situs ini hadir mulai 2005 dan merupakan pusat jual beli online terbesar di Indonesia yang dikunjungi oleh lebih dari 100.000 pengunjung setiap harinya. Situs di mana perseorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk serta jasa secara online. OLX juga menjadi tempat untuk mencari barang baru atau bekas berkualitas seperti produk handphone murah, komputer, fashion, mobil bekas, motor, rumah dan properti, peralatan rumah tangga, aneka jasa, dan juga lowongan kerja. Pasang iklan gratis adalah salah satu layanan yang disediakan oleh OLX untuk para penjual. Dalam melakukan transaksi, baik jual ataupun beli, juga tidak dikenakan biaya. Tidak hanya itu, laman jual beli ini juga dapat menjadi search engine yang friendly karena bukan hanya pengunjung situs yang dapat menemukan iklan yang dipublikasikan, tetapi juga orang-orang yang mencari produk dan jasa melalui search engine seperti Google juga akan menemukan iklan tersebut.

  • Mobil123


            Link web: https://www.mobil123.com/ 

      Berawal dari website Mobil123.com saat ini situs portal otomotif terbesar dan terpercaya di Indonesia itu sudah berkembang menjadi sebuah aplikasi. Bahkan, Anda bisa menginstall aplikasi Mobil123 di ponsel pintar Anda. Terdapat lebih dari 200 ribu iklan kendaraan yang dijual di aplikasi ini. Tak sampai di situ saja, Mobil123 juga memberikan informasi yang lengkap, mulai dari harga, tahun, lokasi penjual, jarak tempuh kendaraan, dan informasi penting lainnya. Sebagai pembeli, Anda tidak perlu khawatir karena Mobil123 hanya menyediakan tempat bagi penjual terpercaya yang telah diverifikasi.


    2.     Electronic Tendering Systems

        Seseorang pembeli meminta kandidat penjual untuk mengajukan penawaran harga, pemenangnya yang mengajukan harga terendah.

            Contoh e-commerce: 

  • Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP)


            Link web: http://www.lkpp.go.id/v3/

          LKPP adalah salah satu Lembaga Pemerintah penting yang harus ada dengan tugas dan tanggung jawab mengembangkan dan merumuskan kebijakan pengadaan barang/jasa pemerintah (PBJP), memberikan bimbingan teknis dan advokasi terkait pelaksanaan tender proyek pengadaan barang/jasa pemerintah, serta memfasilitasi sistem penyelenggaraan ujian sertifikasi ahli PBJP.

  • Layanan Pengadaan Seacara Elektronik (LPSE)


            Link web: https://lpse.bkn.go.id/eproc4

        LPSE adalah sistem pengadaan barang/jasa pemerintah yang dilaksanakan secara elektronik dengan memanfaatkan dukungan teknologi informasi. Sistem LPSE ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, mutu, dan transparansi dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa. Sistem LPSE ini merupakan situs yang dikembangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan Kementerian Keuangan. Penggunaan portal ini merupakan buah kerja sama antara KPK dan Kementerian Keuangan. Sebelum menggunakan LPSE, para calon Penyedia Barang dan Jasa harus mendaftar terlebih dahulu melalui Menu Pendaftaran Penyedia Barang dan Jasa.


        3. Electronics Marketplace & Exchanges

                Dimana Transaksi perdagangan bisnis dilakukan via jaringan komunikasi elektronik, khususnya Internet.

                Contoh e-commerce:

  •     Tiket.com


                Link web: https://www.tiket.com/

            Tiket.com adalah situs web yang menyediakan layanan pemesanan hotel, tiket pesawat, tiket kereta api, penyewaan mobil, tiket konser, tiket atraksi, tiket hiburan yang berbasis d Indonesia. Tiket.com dibentuk pada tanggal 12 Agustus 2011. Tiket.com adalah system reservasi tiket yang terintegrasi dengan booking system dari airline itu sendiri, melalui partner-partner yang sudah di percaya dan telah bekerja sama dengan memberikan keamanan trasaksi tiket serta kemudahan pemesanan melalui sistem otomatis, tanpa harus melalui pemesanan manual. Tiket.com juga menyediakan fasilitas untuk menampilkan maskapai dan rute penerbangan yang sedang dalam harga promo, ataupun tiket yang di jual mengalami penurunan harga atau telah mendapatkan diskon dari masing-masing maskapai penerbangan. Tiket.com tidak hanya di gunakan untuk memesan tiket tetapi melayani pemesenan hotel, kereta api, event dan atraksi dan juga persewaan mobil.

  • Traveloka


            Link web: https://www.traveloka.com/en-id/

         Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Didirikan pada tahun 2012. Traveloka sendiri merupakan website dan aplikasi pemesanan tiket pesawat dan hotel paling dikenal di Indonesia. Traveloka penggunaannya sangat mudah, banyak di website atau aplikasinya fitur-fitur yang bermanfaat, beragam cara pembayaran bisa dipilih, direkomendasikan untuk pemesanan kamar hotel di dalam negeri, dan seringa da promo dan diskon di Traveloka.


        4. Viral Advertising & Marketing

          Merupakan strategi promosi untuk membuat iklan yang viral. Mengandalkan audiens untuk menjadi promotor-nya. Merekalah yang secara rela menyebarkannya ke orang lain.

                Contoh e-commerce:

  • SHEIN



            Link web: https://asia.shein.com/ https://www.instagram.com/sheinofficial/ 

         SHEIN merupakan platform e-commerce pakaian wanita yang telah berkembang pesat melayani pelanggan di seluruh dunia. Shein adalah e-commerce berspesialis yang menggunakan mode ekonomis untuk menarik wanita-wanita muda. Seperti brand-brand yang sudah ternama lainnya, Shein ikut memanfaatkan instagram ads. Dikampanye nya kali ini, Shein melakukan target untuk menguji dampak iklan dari Instagram Stories selain penempatan feed. Dalam menjalankan tujuannya perusahaan ini melakukan test terpisah dengan dua kampanye iklan video; a. menggunakan umpan Facebook dan Instagram, b. menggunakan instagram stories.

Tidak hanya sekedar beriklan, perusahaan ini menjalankan iklan video dengan tujuan untuk memotivasi pelanggan dan menghasilkan penjualan. Untuk menarik demografi yang ditargetkan, merek ini menyertakan musik dengan genre yang bahagia, warna-warna cerah serta teks pop-up yang trendi, emoji, dan geotags pada video.

  • Grab Indonesia



            Link web: https://www.grab.com/id/en/ https://twitter.com/grabid?lang=en 

        Grab (sebelumnya dikenal sebagai GrabTaxi) merupakan salah satu platform layanan on demand yang bermarkas di Singapura. Di Indonesia, Grab melayani pemesanan kendaraan seperti ojek (GrabBike), mobil (GrabCar), taksi (GrabTaksi), kurir (GrabExpress), pesan-antar makanan (GrabFood), dan carpooling (GrabHitch Car). Grab melakukan iklan melalui media sosial Twitter, Grab Indonesia kini mulai berinvestasi dalam pembuatan video kreatif dan berkualitas untuk mempromosikan produk dan layanan terbaru, sekaligus menjangkau audiens mereka. Banyak di antaranya juga menggunakan video untuk berbagi informasi dan melakukan edukasi. Penelitian dari Twitter menunjukkan bahwa cuitan dengan video yang menarik bisa menghasilkan interaksi dengan pengguna di Twitter 10x lebih banyak.


        5. Group Purchasing

                Pembelian dalam skala besar yang memungkinkan sekelompok pembeli mendapatkan potongan harga.

                Contoh e-commerce:

  • BMGShop


            Link web: https://www.bajumurahgrosiran.com/

         Grosir baju murah BMGShop. Tempat menjual berbagai model objek pakaian wanita dan pria harga obralan dari anak sampai dewasa, berkat online shop kini siapapun bisa belanja baju satuan dan eceran dari jarak jauh maupun terdekat. 100% Amanah dan terpercaya, telah membantu mitra reseller dropship lebih progresif saling menguntungkan menjadikan pengusaha primer dan kooferatif. BMGShop menjadi sarana agen grosir fashion indonesia tempatnya perbelanjaan baju murah yang empiris serta berpengalaman, berbagai koleksi pakaian wanita dan pria, segala sesi tahapan umur ready dari anak hingga dewasa lengkap. Perlengkapan seperti baju import juga tersedia untuk menunjang kelengkapan barang agar saling taut menaut demi mencangkup kebutuhan pasar online terpenuhi. BMGShop membudidayakan produk lokal dan branded produksi langsung buatan pabrik berkualitas, dapat di beli tanpa minimal kuantiti boleh ecer maupun grosir partai besar. Kami juga berparthner dengan perusahaan besar distributor mupun konveksi dalam negri di berbagai pusat lokasi seperti jakarta, tangerang, surabaya, bandung, jawa tengah, tasik, jawa barat dan sekitarnya.

  • SUNCHILA


            Link web: https://www.sunchila.com/

        Sunchila adalah startup e-commerce yang didirikan pada tahun 2019. Menjual barang grosir murah sesuai dengan kemampuan pemilik bisnis dan mematok minimal pembelian dalam jumlah kecil. Pembeli hanya harus pesan minimal tiga barang yang sama, untuk dapat hgarga grosir. Sebagai startup e-commerce, Sunchila menyediakan platform penghubung antara pemilik online shop dan pemasok untuk bertemu dan melakukan transaksi jual beli. Sunchila selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik dan menjadi sumber pendukung bisnis. Demi memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan, Sunchila telah bekerja sama juga dengan banyak partner penyedia layanan pelayanan. Sebut saja BCA, BNI, Mandiri, dan Permata. Ditambah lagi pembayaran online dengan Gopay! Semakin lengkap dan banyak pilihannya deh! Jangan khawatir soal legalitas atau izin metode pembayaran online ini karena semua sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI). 


B. Berdasarkan Karakteristiknya:

  1. Business-to-Business (B2B)
            Terdiri dari semua transaksi dan transaksi elektronik yang terkait dengan barang atau jasa. Hal ini pada dasarnya dilakukan antara perusahaan dengan perusahaan lainnya seperti grosir, produsen konvensional yang berurusan dengan pengecer, dan sejenisnya.

            Contoh e-commerce:

  • Andalas Clothing


            Link web: http://andalasclothing.co.id/

          Jasa sablon kaos murah baik manual maupun digital, sablon kaos DTG. Melayani pembuatan kaos, jahit, dan bordir kaos untuk seragam, sekolah, promosi, event, club atau komunitas. Diproduksi dengan kualitas terbaik dan jahitan rapi, serta tetap dengan harga terjangkau. Andalas Clothing menangani pesanan sablon kaos dan jaket mulai dari pesanan individu, toko online, distro online, sekolah, kampus, kelas, komunitas, klub hobby, bisnis UKM, seragam kantor pemerintah, sampai kaos promosi perusahaan. Pemesannya juga mudah dengan melalui website bisa membeli produk dari Andalas Clothing.

  • Bikin.co


            Link web: https://www.bikin.co/konveksi-baju/

            Bikin.co merupakan brand layanan jasa produksi konveksi baju di Indonesia. Segala produk dari kategori konveksi baju seperti kaos sablon, jersey, kaos polo, kemeja kantor, kemeja casual, PDL, PDH, kemeja tactical, jaket bomber, jaket varsity, jaket jumper hoodie, jaket zipper hoodie, jas lab, blazer, jas almamater, celana kantor, celana chinos, celana jeans. Bikin.co membantu dalam mengolah ide menjadi sebuah desain yang siap untuk ditampilkan ke teman-teman atau rekan kerja sehingga siap untuk diproduksi. Bikin.co menerima pembayaran secara tunai maupun transfer bank. Bikin.co menyediakan berbagai jenis ekspedisi melalui layanan angkutan darat, angkutan udara maupun angkutan laut. Bikin.co memberikan jaminan kesesuaian produk yang dipesan berdasarkan desain, bahan, warna, jumlah dan ukuran yang disepakati di Surat Perjanjian Kerja (SPK). Apabila terdapat ketidaksesuaian produk yang dipesan, Bikin.co akan memperbaiki produk tersebut atau uang kembali 100%.


        2. Business-to-Consumer (B2C)

         Situs B2C melayani kegiatan jual-beli antara produsen dengan konsumen pengguna akhir. Jenis e-commerce ini merupakan pengembangan toko, hingga memiliki alamat website atau situs sendiri untuk menjual produk kepada pembeli.

                Contoh e-commerce:

  • Mad For Makeup


            Link web: https://www.madformakeup.co/

       MadForMakeup merupakan salah satu pemain di new economy. Startup berbasis di Jakarta memproduksi produk kecantikan dan perawatan diri dengan pendekatan Direct-To-Consumer. Mad memanfaatkan pemasaran dengan platform digital untuk menjangkau langsung konsumennya. Berbekal strategi dan penjualan online ini, Mad yang konsisten hadir dengan jargon #RebelBeauty tersebut mengaku telah berhasil menjual sebanyak 26.000 produk di tahun pertamanya berdiri.

  • I Wear Up


            Link web: https://iwearup.store/home 

          Brand sepatu wanita ini didirikan oleh seorang blogger, Diana Rikasari pada tahun 2010. Bisnis iwearup kian berkembang dan kini telah memiliki produk fashion lainnya, seperti baju dan aksesoris. Design-nya yang menarik serta warna yang colorful membuat sepatu iwearup mampu menarik perhatian hingga berhasil membawa brand lokal ini untuk go internasional. Brand I Wear Up dijual secara online untuk memudahkan customernya membeli produk tersebut dikarenakan pembeli hingga keluar negeri.


        3. Customer-to-Consumer (C2C)

            E-commerce ini berupa transaksi elektronik barang atau jasa antar pelanggan. Transaksi yang dilakukan ini melalui pihak ketiga yang menyediakan platform online.

                Contoh e-commerce:

  • eBay


            Link web: https://www.ebay.com/

       eBay adalah ajang pasar online dunia™ - tempat bagi pembeli dan penjual berhimpun dan berdagang apa saja. Diluncurkan tahun 1995, eBay diawali sebagai tempat untuk berdagang barang koleksi dan barang yang sulit ditemukan. Sejak itu, eBay telah berkembang menjadi ajang pasar tempat Anda dapat menemukan segala sesuatu, dari ponsel dan DVD hingga pakaian, barang koleksi dan mobil. Dengan daftar barang sebanyak 103,6 juta di seluruh dunia dan penambahan daftar barang sebanyak 6,1 juta yang dilakukan setiap hari, eBay menawarkan kesempatan yang tidak terhingga bagi semua orang untuk membeli dan menjual di seluruh dunia. Anda tidak perlu mendaftar untuk melihat barang yang tersedia di eBay, tetapi Anda harus mendaftar jika ingin membeli atau menjual. Di manapun Anda mendaftar, apakah pada eBay.com, atau situs internasional lainnya - ID Pengguna eBay berfungsi pada setiap situs eBay.

  • BukaLapak


            Link web: https://www.bukalapak.com/

          Bukalapak adalah salah satu toko online marketplace terbesar dan terkemuka di Indonesia. Di dalamnya terdapat layanan jual-beli secara online. Semua orang dapat membuka toko online atau lapak online di Bukalapak. Hal ini karena mereka memang memberikan pelayanan pembelian dari seluruh Indonesia, baik dalam jumlah satuan maupun dalam jumlah banyak. Bukalapak berhasil membuktikan bahwa mereka adalah yang terbaik. Sebab, marketplace online yang satu ini memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh marketplace online lainnya. Adapun kelebihannya, meliputi : Proses pemesanan dan pembelian selalu dikonfirmasi dengan cepat, Kemudahan berbelanja dengan kelengkapan fitur lengkap, Pengiriman selalu dilakukan dengan cepat, Banyak pilihan transaksi pembayaran, Memberikan jaminan 100% uang kembali pada pembelian produk yang dikirimkan, Memiliki server yang tidak pernah mengalami masalah, walau diakses oleh ribuan orang per harinya, Demi kenyamanan bersama, telah diberlakukan aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh pelapak dan pembeli, Baik pelapak maupun pelanggan akan mendapatkan solusi terbaik ketika mengalami permasalahan transaksi, Customer Service adalah tenaga manusia yang siap menjawab pertanyaan pelapak dan pelanggan, Setiap transaksi aman, karena setiap berlangsungnya transaksi selalu dilengkapi dengan sistem keamanan tinggi.


        4. Consumer-to-Business (C2B)

         E-commerce jenis ini adalah kebalikan dari C2C. di website dengan jenis ini terjadi transaksi dari konsumen ke perusahaan.

                Contoh e-commerce:

  • Sribulancer


            Link web: https://www.sribulancer.com/id

           Sribulancer memiliki 26,000+ freelancer berkualitas yang telah diseleksi dan mengakomodasi 100+ kategori jasa. Untuk transaksi nya Pembayaran akan dipegang terlebih dahulu hingga pekerjaan selesai, baru diberikan kepada freelancer yang telah di rekrut. Dengan ini transaksi akan aman. Apabila freelancer tidak memenuhi pekerjaan sesuai kesepakatan, maka Anda dapat menggantinya dengan freelancer lain tanpa biaya tambahan atau minta uang kembali.

  • Fastwork


            Link web: https://fastwork.id/

       Fastwork adalah platform freelance profesional nomor 1 terbesar di Asia Tenggara, berasal dari Thailand dan kini mengembangkan sayap ke Indonesia. Fastwork membantu pelaku bisnis Indonesia untuk menemukan dan mempekerjakan freelancer secara sederhana, cepat, aman, dan hemat biaya untuk mempercepat pertumbuhan bisnis mereka. Dengan banyak layanan yang kami miliki, dari mulai desain grafis (seperti jasa desain logo, desain kemasan, desain kaos, ilustrasi), penulisan (seperti jasa tulis artikel SEO), penerjemahan, pemasaran online dan influencer, entri data, hingga pengembangan web dan aplikasi. Semua menjadi cepat dan gak ribet dengan hadirnya Fastwork di tanah air dalam bentuk website freelance dan aplikasi freelance. Di sisi lain, Fastwork juga mendukung tenaga kerja untuk dapat kerja online baik secara sampingan atau part time dari mana pun dan kapan pun. Sistem Fastwork membantu freelancer dalam mengumpulkan pembayaran, mempromosikan layanan, mengelola pesanan, bertukar file, dan berkomunikasi dengan klien mereka. Fastwork mempunyai misi untuk memberdayakan freelancer serta pelaku bisnis dalam mewujudkan future of work. Freelancer yang dipekerjakan telah melalui seleksi dan proses verifikasi dari Fastwork dan Uang klien dilindungi ketika Freelancer mulai bekerja mengerjakan project.

Comments

Popular Posts