Melihat Keberhasilan E-Commerce
Alibaba
Link : https://www.alibaba.com/
Alibaba Group adalah salah satu perusahaan e-commerce terbesar di dunia yang berasal dari China didirikan oleh Jack Ma pada tahun 1999. Alibaba menyediakan layanan pembayaran elektronik, mesin pencari belanja, dan layanan komputasi awan data-centric. Alibaba juga menyediakan layanan C2C, B2C, dan B2B. Dalam layanan B2B, Alibaba bertujuan untuk menghubungkan produsen China dengan pembeli luar negeri. Salah satu e-commerce terbesar di Indonesia yaitu Lazada sudah dibeli sahamnya oleh Alibaba senilai 1 miliar dollar atau sekitar Rp 13,2 triliun. Alibaba memiliki keunikan yang beda dari e-commerce lainnya dimana Alibaba menjadi portal B2B terbesar di dunia ketika e-commerce lainnya hanya menawarkan konsep B2C. Alibaba mendapat keuntungan utama diamana Alibaba sebagai e-commerce dapat melakukan ekspor ke 240 negara, sehingga memberikan jangkauan untuk memiliki banyak omzet pendapatan negara. Alibaba sangat diminati para pelaku usaha karena menjual dengan harga dan komisi sangat rendah sehingga para pelaku usaha bisa melakukan bisnis sendiri. Alibaba memiliki jangkauan yang sangat luas di seluruh dunia, contoh baru-baru ini Amerika Serikat dengan IPO membangun tim di berbagai negara di Asia. Keuntungan utama Alibaba adalah berasal dari China, di mana pembuatan massal dilakukan. Alibaba juga sangat terkenal dalam mempromosikan e-commerce nya secara digital karena mengetahui pada jaman digital saat ini manusia dapat dengan gampang terpengaruh oleh adanya iklan di media sosial. Alibaba sudah menampilkan iklan digital hampir ke seluruh dunia. Kita mengetahui bahwa saat ini perkembangan teknologi sangat pesat, semakin banyak pula kompetitor-kompetitor lain yang dimiliki oleh Alibaba. Namun, hal itu tidak menjadikan seorang Jack Ma nyalinya menciut, melainkan ia selalu berpikir untuk terus lebih maju dari para kompetitornya dan akan terus berusaha untuk mencari cara bagaimana agar bisnisnya tersebut bisa berkembang maju. Jack Ma tidak takut bersaing dengan Amazon yang terlebih dahulu mendahului Alibaba dalam merajai pangsa pasar Amerika, namun Jack Ma memiliki strategi bisnis onlinenya sendiri, yaitu bekerja sama dengan para pengusaha kecil, yang seringkali dilupakan oleh Amazon. Satu hal terpenting yang dapat membuat Alibaba menjadi sukses dan berhasil yaitu dalam mebangun sebuah bisnis, sikap pantang menyerah dan kerja keras adalah hal terpenting agar usaha yang dibangun membuahkan hasil yang maksimal.
Sumber Artikel : https://yoursay.suara.com/lifestyle/2019/12/13/163008/bagaimana-strategi-pemasaran-jack-ma-dalam-membangun-alibaba-group?page=all
Traveloka
Link : https://www.traveloka.com/
Traveloka merupakan aplikasi e-commerce yang mendominasi pasar kaum milenial. Dilihat dari hasil penelitian berjudul Perilaku dan Preferensi Kaum Milenial dalam Bidang Aplikasi E-Commerce pada Tahun 2019 yang dilakukan oleh Alvara Research. Survei tersebut mempertimbangkan beberapa indikator, seperti tingkat kesadaran merek, kepuasan pelanggan, serta tingkat loyalitas konsumen terhadap aplikasi-aplikasi top e-commerce. Survei yang diwakili oleh 1.204 responden dari generasi milenial ini menunjukkan Traveloka sebagai aplikasi pemesanan tiket dan hotel terpopuler di mana konsumen menyatakan akan terus menggunakan aplikasi tersebut ke depannya. Hasil riset ini juga menunjukkan Traveloka telah digunakan oleh 79 persen responden, sebuah angka yang mendominasi aplikasi pemesanan hotel dan tiket lainnya seperti Tiket.com (8,9%), Blibli.com (5,6%), KAI Access (3,2%), dan Airy (2,4%). Kesuksesan tersebut dapat dicapai karena aplikasi Traveloka memiliki kekuatan merek yang tinggi, dari segi image, loyalitas pelanggan, tingkat kerja sama, serta kinerja perusahaan. Secara keseluruhan, analisis dari survei tersebut mengungkapkan suatu faktor yang mendasari kesuksesan aplikasi e-commerce. Terungkap kesadaran merek atau prestasi merek adalah faktor penting sehingga hal ini dapat menentukan bagaimana kaum milenial berinteraksi serta memilih aplikasi e-commerce. Hingga saat ini, aplikasi Traveloka sudah diunduh lebih dari 40 juta kali sehingga menjadikan Traveloka sebagai aplikasi pemesanan perjalanan & gaya hidup terpopuler di kawasan Asia Tenggara. Persepsi brand yang kuat akan meningkatkan loyalitas dan tentunya tingkat referensi pelanggan, hal tersebut akan terus memperkuat Traveloka untuk menarik kaum milenial di Indonesia dan menjadikan Traveloka sebagai aplikasi pemesanan tiket dan hotel terpilih bagi generasi milenial dari sisi travel dan lifestyle.
Sumber Artikel : https://www.wartaekonomi.co.id/read236872/traveloka-raih-predikat-aplikasi-tiket-dan-hotel-paling-diminati-milenial
Comments
Post a Comment